Berbisnis sendiri atau dengan teman

Antara Teman dan Bisnis
Masing2 ada resiko dan kendala yang berbeda, jika usaha sendiri segala sesuatu keputusan ataupun keuntungan bahkan kerugian hasil dari otak anda sendiri. Sekalipun untungnya kecil tapi itu kebanggaan untuk diri anda dalam berusaha dan mempertahankan usaha sendiri.
Anda hidup dari otak anda sendiri.
Kendala dalam usaha sendiri seperti modal usaha - management - tenaga kerja dan juga jika mengalami masalah dihadapi sendiri tanpa bantuan orang lain.

Bagaimana jika Bisnis dengan Teman.?

Berbanding terbalik dengan usaha sendiri....baik dari penghasilan dan keuntungan. 
dari segi penghasilan mungkin berkurang tapi dari segi peluang usaha untuk berkembang lebih memungkinkan karena segala sesuatu tidak dipikul sendiri memang beresiko dengan hubungan pertemanan jika terjadi masalah dalam pekerjaan atau kepribadian teman.
Anda mungkin bisa bertahan menjalankan usaha sendiri tapi belum tentu bisa bertahan saat kerjasama dengan teman dalam berbisnis.

Apa yang harus berubah saat berbisnis dengan teman.?

1. Kepribadian
Watak - sifat atau cara berpikir adalah suatu hal sangat sulit di ubah. Karena sudah terbentuk sekian lama dalam kepribadian dan watak tersebut akan terbawa saat bekerjasama dengan teman.
Rasa selalu benar...rasa selalu pintar..dan rasa paling berarti diantara teman lainnya.
Jika anda bisa mengalahkan watak dan sifat anda sendiri saya yakin pasti bisa bertahan berbisnis dengan teman karena itu yang utama sebelum bisnis berjalan.
2. Keputusan
Dalam mengambil keputusan tidak bisa secara pribadi karena menyangkut rekan bisnis baik dari segi keuntungan atau hal pekerjaan. Tidak hanya mengatakan saya benar...! terkadang kita benar tapi jika tidak bisa menempatkan posisi kebenaran bisa berubah jadi suatu kesalahan fatal.
Salah bersama..benar pun juga bersama.
3. Komunikasi
Saling mendukung dan menjaga hubungan denagn rekan bisnis. Apapun masalahnya selalu dibicarakan bersama dan ini hal yang sulit karena terkadang rekan bisnis beranggap anda tidak mau mengalah sehingga masalah terpendam. Pastikan rekan anda terima dengan segala keputusan anda sekalipun anda benar tetap harus bertanya. Karena bukan hanya anda sendiri yang berjalan.
Pernah dengan POHON BAMBU CHINA...?
Menjalankan sebuah usaha ibaratkan Bambu China...di antara pohon lain dia paling lama tumbuhnya. karena persiapan pertumbuhan pada akarnya. Saat akarnya sudah kuat dia akan tumbuh cepat dan kuat mengalahkan pohon lainnya. 
Jika anda seseorang yang tidak bisa mendengar pendapat orang lain atau anda merasa mampu hidup sendiri tanpa otak orang lain sebaiknya jangan kerjasama dengan teman.
Yang nantinya justru merugikan teman anda sendiri dan hubungan pertemanan anda terganggu.
Bisa juga dengan anda melihat sendiri pekerjaannya seperti apa.?
jika dia seorang pelaksana apakah lingkupnya hanya pelaksana sekedar mengawasi pekerjaan tanpa turun tangan langsung dapat membuktikan dia seorang pekerja atau pebisnis.
Sebaiknya jadikan dia karyawan bukan rekan bisnis.



Orang yang Pintar belum tentu bisa menempatkan kapan dia harus Pintar dan kapan harus benar.
Sumber Daya Manusia - Modal - Marketing - Asset Usaha adalah akar yang perlu anda kuatkan dan prioritaskan sebelum berpikir untuk tumbuh tinggi, jika akar nya tidka kuat meskipun pohon anda bisa tumbuh tinggi tapi mungkin tidka kuat diterjang angin.

Thank you / Terima kasih
g-id

 
Gun's-ID © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top